/**kotak iklan**/.kotak_iklan{text-align:center;}.kotak_iklan img {margin: 0px 5px 5px 0px;padding: 5px;text-align:center;border: 1px solid #ddd;}.kotak_iklan img:hover {border: 1px solid#333}

Friday, October 14, 2016

Penjaga Harta Karun - Berolahraga Sambil Bermain

Permainan ini mengembangkan dari permainan Gobak Sodor. Tetapi ketika diujicobakan kepada murid-muridku ternyata juga sangat menyenangkan, dan bisa dipakai semua jenjang.
Tahap awal adalah mempersiapkan sarana berupa kerucut sebanyak 14 buah (jika tidak punya bisa memanfaatkan benda yang ada disekitar, missal: pecahan keramik ataupul batu kerikil), serbuk kapur yang nantinya berguna sebagai tambahan pembuatan garis, lapangan bola voli yang sudah dimodifikasi seperti gambar dibawah ini. 

Setelah tahap awal selesai, maka dilanjutkan dengan tahap persiapan yaitu membentuk 3 kelompok, yang terdiri dari Tim A dan Tim B dengan jumlah pemain masing-masing 7 orang pemain, sedangkan Tim C berjumlah 10 orang pemain. Serta informasikan bahwa waktu permainan adalah 2 x 15 menit.
Cara bermainnya adalah misalkan pemain 1 dari Tim A bergerak untuk mengambil harta karun diarea penyimpanan lalu kena sentuhan pemain penjaga 3 Tim C, maka dianggap mati dan harus menempati area AP (lihat arah panah digambar).
Misalkan pemain 2 Tim A bergerak menuju penyimpanan harta karun dan berhasil, tetapi terkena sentuhan pemain penjaga 5 Tim C, maka dianggap mati dan pemain tersebut harus mengembalikan harta karunnya  kearea PHK, serta setelah itu menuju area AP.
Dan misalkan pemain 3 Tim A bergerak masuk kearea PHK dan berhasil, maka pemain tersebut harus meletakkan harta karunnya diarea AL, serta pemain tersebut boleh kembali kerumah ataupun boleh membebaskan temannya dahulu, dan temannya yang dibebaskan harus kembali pulang dahulu, sebelum memainkan permainan kembali. Serta misalkan pemain 4 Tim A boleh langsung membebaskan temannya, tanpa harus mengambil harta karun.
Untuk tugas pemain Tim B sama dengan pemain Tim A, hanya bedanya Tim B jika menyimpan harta karun diarea BL dan jika mati pemain tersebut harus masuk area BP.
Sedangkan tugas dari pemain Tim C adalah berusaha mematikan semua pemain dari Tim A dan Tim B, dengan cara melakukan sentuhan pada bagian tubuh mulai pundak sampai kaki. Dan ketika mematikannya kedua kakinya harus menginjak garis, serta jika salah satu kakinya tidak menginjak garis lalu melakukan sentuhan maka dianggap tidak sah.
Untuk pemenang permainan ini adalah jika Tim A/B berhasil mengambil lebih banyak harta karun sebelum waktu permainan habis dan diberi skor 1, dan jika Tim C mampu memenjarakan semua pemain Tim A/B maka diberi skor 1, serta tim paling banyak mengumpulkan skor selama waktu permainan berakhir
Begitulah cara permainan ini, semoga pembaca berani untuk mencobanya dan semoga ada manfaatnya.



Oleh :
Ferri Kurniawan
Guru Penjaskes
Sekolah Djuwita Nasional Plus

No comments:

Post a Comment