/**kotak iklan**/.kotak_iklan{text-align:center;}.kotak_iklan img {margin: 0px 5px 5px 0px;padding: 5px;text-align:center;border: 1px solid #ddd;}.kotak_iklan img:hover {border: 1px solid#333}

Tuesday, October 11, 2016

Bola Gebok Versi 1 - Berolahraga Sambil Bermain

        Tahukah anda permainan bola gebok? Permainan ini diluar negeri dikenal dengan nama Dodgeball dan permainan ini setelah saya cari tahu diinternat tidak ada sejarah penemuannya, bahkan siapa penemunya juga tidak diketahui. Tetapi permainannya sangat mengasikkan.
         Disebuah situs internet mengatakan, bahwa olahraga ini dilarang dimainkan dinegara Amerika karena menimbulkan intimidasi dan kekerasan antar siswa, benarkah itu? Ketika saya mencoba memainkan hampir seluruh siswa-siswi mulai dari SD kls 4 – 6, SMP dan SMA, sebagian besar mengatakan bahwa permainan ini sangat menyenangkan.
         Permainan ini sederhana saja, hanya membutuhkan bola voli 1 buah yang dipompa agak lunak, agar ketika pemain yang kena lempar/gebok anggota badannya tidak merasa sakit. Dan lapangan bola voli, yang bisa dilihat pada gambar.
                                                                  Gb. Lapangan :

         Sebelum permainan dimulai, terlebih dahulu buat 2 tim yaitu Tim A dan Tim B, yang jumlah pemainnya 10 pemain masing-masing tim. Dan informasikan bahwa permainan ini membutuhkan waktu 2 x 15 menit. Serta berikan waktu istirahat 5 menit.
         Cara bermainnya yaitu masing-masing tim berusaha saling mematikan dengan cara melakukan lemparan/gebokan, yang perkenaan gebokannya mulai pundak sampai kaki. Dan jika kena gebok maka pemain tersebut dianggap mati dan harus menempati penjara seperti pada gambar.
         Pemain mati yang berada diarea mati masih bisa ikut terus bermain, hanya saja ketika melakukan gebokan harus tetap diarea mati dan kaki tidak boleh melewati garis batas. Dan jika melewati garis batas maka gebokkannya dianggap tidak sah. Serta sebagai catatan semua pemain boleh menangkap bola gebokkan lawan, jika berhasil menangkapnya berarti tidak mati, tetapi jika tidak berhasil menangkap berarti dianggap mati.
         Pemenang dari permainan ini adalah tim yang mampu mematikan semua pemain lawan, dan jika waktu habis pemenangnya dihitung pemain paling banyak yang masih hidup, serta tim yang mampu mengumpulkan skor paling tinggi selama waktu permainan berlangsung.
Video Bola Gebok Versi 1

Begitulah cara bermainnya, jika kurang paham tonton videonya diatas.


Oleh:
Ferri Kurniawan
Guru Penjaskes
Sekolah Djuwita Nasional Plus


No comments:

Post a Comment