/**kotak iklan**/.kotak_iklan{text-align:center;}.kotak_iklan img {margin: 0px 5px 5px 0px;padding: 5px;text-align:center;border: 1px solid #ddd;}.kotak_iklan img:hover {border: 1px solid#333}

Sunday, October 2, 2016

Penjaga Kerucut Versi 2 - Berolahraga Sambil Bermain



          Artikel ini saya beri nama Penjaga Kerucut yang mencoba untuk mengembangkan dan memodifikasi dari cabang olahraga Bola Tangan, dan yang pasti jika pembaca adalah guru olahraga, maka akan sudah tahu bagaimana cara bermainnya dan segala peraturannya.

Karena sudah dimodifikasi maka tahapan awalnya adalah menyiapkan sarana dan prasarananya terlebih dahulu yang berupa kerucut 14 buah, bola voli 1 buah, serbuk kapur dan lapangan bola basket sepert pada gambar.


Gb. Lapangan :




Setelah itu langkah persiapan yaitu membentuk 2 tim yang jumlah pemainnya 12 orang pemain untuk tiap timnya dan infokan waktu permainan adalah 2 x 15 menit. Berikutnya cara bermainnya adalah tunjuk 2 pemain sebagai kapten dari kedua tim melakukan toss, untuk memilih tempat atau bola, dan awal permulaan permainan semua pemain Tim A berada diarea A dan Tim B berada diarea C. Lalu tempatkan 7 pemain yang bertugas sebagai penjaga kerucut, membantu menyerang dan merebut bola dari lawan dan 4 pemain lainnya sebagai penyerang yang bertugas melakukan penyerangan dan merebut bola dari lawan. Dan ketika menyerang bola tidak boleh dipegang sambil jalan lebih dari 3 langkah (hanya melakukan passing dan drible) dan juga tidak boleh lebih dari 5 detik saat memegang bola, yang boleh hanya drible bola dg banyak langkah dan lama.

Pada saat merebut bola dari lawan tidak boleh mengenai lengan, tidak boleh berbenturan badan, dan mendorong ataupun menendang lawan, serta bola tidak boleh ditendang secara sengaja, kecuali pemain penjaga kerucut yang menghadang laju bola agar kerucutnya tidak kena lemparan bola lawan, dan juga kaki semua pemain tidak boleh menyentuh kerucut. Dan jika melanggar hal yang dilarang maka dianggap pelanggaran dan diberi hukuman lemparan bebas ditempat terjadinya pelanggaran. Serta jika bola keluar lapangan maka dianggap bola mati, yang berikutnya dilakukan lemparan kedalam.

Pemenang dari permainan ini adalah tim yang paling banyak melempar kerucut dengan bola selam waktu permainan selesai, dan setiap pemain yang bisa melempar kerucut sekali maka diberi skor 1.
Tujuan dari permainan ini adalah untuk memupuk jiwa kerjasama, meningkatkan kecepatan, ketepatan, ketangkasan dan daya tahan tubuh, dsb. Dan demikian artikel ini dibuat, semoga ada manfaatnya bagi kita semua, serta jika kurang paham maka tonton saja video dibawah ini.


Demikianlah artikel tentang Penjaga Kerucut ini, semoga ada manfaatnya bagi semua pembaca dan anak didik kita.


By :
Ferri “Kacung”
PE Teacher
Djuwita National Plus School

No comments:

Post a Comment