/**kotak iklan**/.kotak_iklan{text-align:center;}.kotak_iklan img {margin: 0px 5px 5px 0px;padding: 5px;text-align:center;border: 1px solid #ddd;}.kotak_iklan img:hover {border: 1px solid#333}

Sunday, October 16, 2016

Perang Botol - Berolahraga Sambil Bermain

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang sebuah permainan perang botol, yaitu sebuah permainan untuk mengambil botol yang berserak dilapangan untuk diletakkan pada tempatnya.
Pada tahap persiapan terlebih dahulu siapkan botol air mineral 42 buah, serbuk kapur untuk membuat garis tambahan, bola kasti 4 buah dan lapangan bola basket yang kita modifikasi seperti dibawah ini.

Setelah tahap persiapan selesai maka selanjutnya, bentuk 2 tim yaitu Tim A dan Tim B yang beranggotakan 11 pemain untuk tiap timnya, serta informasikan bahwa waktu permainan adalah 2 x 15 menit. Dan setelah itu tempatkan 4 pemain Tim A yang bertugas sebagai pelempar/penggebok bola (lht. gb), dan 7 pemain lainnya diarea rumah Tim A  yang akan bertugas sebagai pengambil botol yang berserakan untuk dimasukkan kedalam lumbung Tim A.
Sebagai catatan pemain yang berada diarea penggebok bertugas untuk mematikan lawan dengan cara menggebok / melempar dengan bola kasti pada bagian tubuh lawan, dan jika bola hasil gebokkanya mengelinding ketengah lapangan boleh diambil lagi, tetapi jika menggelinding keseberang lapangan boleh diambilkan temannya yang berada diseberang lapangan yang sama bertugas sebagai penggebok. Serta pemain penggebok tidak boleh membantu temannya mengambil botol untuk diletakkan dilumbungnya. Disamping itu pada saat melakukan gebokkan kaki tidak boleh menginjak garis lapangan, dan jika menginjak garis lapangan maka dianggap tidak sah gebokkannya.
Untuk 7 pemain lainnya yang berada dirumah bertugas mengambil botol untuk diletakkan diarea lumbung.  Misal pemain 1 Tim A, mengambil botol lalu kena gebok pemain lawan maka pemain tersebut meletakkan kembali botolnya lalu menempati area penjara (lht. anak panah pada gb.).
Sedangkan untuk pemain 2 Tim A, mengambil botol lalu meletakkan dilumbungnya kemudian boleh membebaskan temannya yang dipenjara dengan cara menepuk bagian anggota tubuh lalu kembali pulang kerumah. Dan untuk pemain 3 Tim A, mengambil botol lalu meletakkan dilumbung, kemudian langsung pulang tanpa membebaskan temannya yang dipenjara juga diperbolehkan, serta tugas pemain lainnya sama dengan pemain 1, 2 dan 3.
Pada intinya saat mengambil botol, meletakkan dilumbung, membebaskan temannya yang dipenjara dan kembali pulang tidak boleh kena gebok. Jika kena gebok dianggap mati dan harus dipenjara. Serta jumlah botol harus sama jumlahnya ditiap lumbungnya.
Jika pemain yang terlanjur meletakkan botolnya dilumbung lalu terkena gebok, tidak perlu mengembalikan botolnya, tetapi dianggap pemain mati dan harus dipenjaradan semua pemain boleh langsung keluar dari rumah secara bersamaan ataupun boleh secara bergantian. Sementara itu tugas untuk pemain Tim B sama dengan pemain Tim A, hanya saja yang membedakannya adalah tempat lumbungnya dan rumahnya (lht, gb.).
Untuk pemenang adalah tim yang mampu terlebih dahulu meletakkan semua botolnya dilumbung diberi skor 1, tim yang mampu memenjarakan semua pemain lawan diberi skor 1, dan jika waktu habis tetapi botol belum semua diletakkan dilumbung, maka dihitung yang paling banyak meletakkan botolnya dilumbung diberi skor 1 serta tim yang paling banyak mengumpulkan skor sepanjang waktu permainan.
VIDEO PERMAINAN PERANG BOTOL 


Begitulah ulasan singkat cara bermainnya permainan ini, semoga ada manfaatnya bagi guru olahraga pada khususnya dan para pembaca pada umumnya.



Oleh :
Ferri Kurniawan
Guru Penjaskes
Sekolah Djuwita Nasional Plus

No comments:

Post a Comment