/**kotak iklan**/.kotak_iklan{text-align:center;}.kotak_iklan img {margin: 0px 5px 5px 0px;padding: 5px;text-align:center;border: 1px solid #ddd;}.kotak_iklan img:hover {border: 1px solid#333}

Sunday, October 30, 2016

Lempar Tangkap Bola - Berolahraga Sambil Bermain

Untuk kali ini saya akan menyajikan artikel yang mencoba menggabungkan permainan tradisional engklek, gobak sodor dan mangambil gebokannya dari kasti. Mengapa saya suka sekali dengan permainan tradisional? Karena cinta saya terhadap permainan tradisional melebihi kecintaan saya terhadap olahraga yang lain. Cinta saya timbul karena biar lestari permainan tradisional ini dan sampai-sampai penciptanya saja kita tidak tahu. Makanya untuk menghormati penciptanya, maka saya akan menggabung-gabungkan permainan tradisional ini dengan permainan yang berbau olahraga hasil kreativitas sendiri.
Berolahraga sambil bermain kali ini saya beri tema “Ambilkan Lemparkan Dan Tangkapkan Bolaku”, lohh.. kok panjang temanya ya? Tapi it’s ok sajalah, yang penting kan bukan judulnya, melainkan kesenangan dalam memainkannya.

Langsung saja kita ketahap awal permainan yaitu menyiapkan terlebih dahulu sarananya seperti bola kasti sebanyak 10 buah, bola voli 5 buah dan serbuk kapur untuk menambahkan garis lapangan. Serta pakai saja lapangan bola basket (fleksibel), yang gambarannya seperti dibawah ini :

Sebelum saya terangkan cara bermainnya, terlebih dahulu kita buat dahulu 2 tim yaitu Tim A dan Tim B yang jumlah pemainya masing-masing 10 pemain tiap timnya (fleksibel), terus lama permainan 2 x 15 menit (fleksibel). Dan tempatkan pemain Tim A 8 pemain diarea rumah 1 dan 2 pemain lagi diarea rumah 2. Serta tempatkan pemain Tim B 2 orang disepanjang garis area rumah 1 lawan, 2 pemain digaris sepanjang lingkaran area pengambilan bola, 2 pemain lagi digaris area rumah 2 lawan yang bertugas mematikan lawan dengan sentuhan. Serta 2 pemain disepanjang garis penggebok 1 dan 2 pemain lagi disepanjang garis penggebok 2 yang bertugas mematikan lawan dengan cara melempar bola / menggebok..
Berikutnya cara bermainnya adalah misal pemain 1 Tim A bergerak keluar dari area rumah 1 menuju area pengambilan bola, yang kemudian melemparkan ketemannya yang berada diarea rumah 2, lalu menuju kearea rumah 2 dan temannya yang berhasil menangkap bola hasil lemparannya kemudian bergerak menuju area bola voli / bola kasti (tergantung bola yang dilempar), yang kemudian melanjutkan pergerakannya menuju area rumah 1 (boleh membebaskan temannya yang dipenjara terlebih dahulu).
Sedangkan pemain 2 Tim A bergerak keluar dari area rumah 1 lalu mengambil bola dan melemparkan ketemannya, kemudian membebaskan temannya terlebih dahulu dan setelah itu langsung menuju area rumah 2. Serta pemain yang dibebaskan tadi harus bergerak kearea rumah 1 terlebih dahulu sebelum ikut bermain dan pemain yang menangkap bola tadi harus bergerak menuju area bola voli / kasti, kemudian melanjutkan pergerakannya kearea rumah 1(juga boleh membebaskan temannya dulu diarea penjara).
Selanjutnya untuk pemain 3 Tim A bergerak keluar area rumah 1 kemudian membebaskan temannya terlebih dahulu, kemudian mengambil bola dan melemparkannya ketemannya yang berada diarea rumah 2 dan bergerak lagi kearea rumah 2. Dan cara bermain untuk semua pemain Tim A sama dengan pemain 1, 2 dan 3.
Catatan penting untuk Tim A adalah pemain boleh keluar dari area rumah 1 secara bersamaan atau bergantian, harus melakukan engklek dan lompat ketika melewati area wajib engklek dan  area wajib lompat jika ketahuan melanggar berarti pemain tersebut dianggap mati, saat melempar bola keteman lalu teman tidak bisa menangkap atau bola kena blok lawan maka pemain tersebut harus kembali kearea rumah 1 dan bola dikembalikan kearea pengambilan bola.
Hal lain yang juga penting ketika keluar rumah, lewat area engklek, masuk kearea pengambilan bola, lewat area lompat, masuk kearea rumah 2, meletakkan bola diarea bola, membebaskan temannya dipenjara dan kembali pulang kearea rumah 1 tidak boleh terkena sentuhan dan gebokan lawan.
Kemudian untuk pemain Tim B bertugas mematikan lawan dengan cara melakukan sentuhan dan gebokkan, serta boleh melakukan bloking bola hasil lemparan lawan yang mengarah ketemannya yang berada diarea rumah 2. Serta ketika melakukan sentuhan, gebokan dan bloking kedua kaki harus menempel pada garis, jika melanggar maka dianggap tidak sah dan pemain lawan dianggap tidak mati, serta bisa terus bergerak / bermain lagi.
Untuk pergantian permainan adalah jika Tim A mampu mengambil dan meletakkan semua bola diarea bola voli / kasti dan jika Tim B mampu memenjarakan semua pemain Tim A, serta habis waktu 15 menit pertama.
Skor dihitung 1 jika mampu mengambil dan meletakkan diarea bola voli / kasti dan mampu memenjarakan semua pemain lawan. Dan pemenangnya adalah tim yang mengumpulkan skor paling banyak selama permainan berlangsung.
Ketika saya lihat lagi ternyata artikel ini panjang juga (hehehe…), mudah-mudahan tidak bosan membacanya dan bisa memahami maksud. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!!!


Oleh :
Ferri Kurniawan
Guru Penjaskes
Sekolah Djuwita Nasional Plus

No comments:

Post a Comment