/**kotak iklan**/.kotak_iklan{text-align:center;}.kotak_iklan img {margin: 0px 5px 5px 0px;padding: 5px;text-align:center;border: 1px solid #ddd;}.kotak_iklan img:hover {border: 1px solid#333}

Saturday, October 8, 2016

Kodok Dan Pemburu - Berolahraga Sambil Bermain

Berolahraga memang sangat mengasyikkan, apalagi jika dikemas dalam bentuk permainna. Dan pada artikel kali ini akan saya tampilkan sebuah permainan hasil kreativitas yang bernama kodok dan pemburu.
Pada tahapan persiapan, pertama kita siapkan bola kasti 4 buah, kerucut 14 buah dan lapangan bola basket. Dan jika tidak punya lapangan bola basket, fleksibel saja dan garis-garisnya bisa kita pakai kapur bubuk. Serta gambar lapangannya bisa dilihat dibawah ini.

Setelah sarana dan prasarana kita siapkan, maka selanjutnya kita bentuk 2 tim yaitu Tim A sebagai kodok dan Tim B sebagai pemburu, yang masing-masing pemainnya berjumlah 11 pemain untuk tiap timnya. Dan informasikan kalau waktu permainannya 2 x 15 menit.
Misi dari Tim A adalah berusaha memindahkan kerucut dari area biru kearea kuning dan pada saat proses pemindahan ini, pemain Tim A tidak boleh terkena sentuhan dan gebokkan dari pemain Tim B.
Ketika menuju area biru pemain Tim A boleh berlari atau jalan, sedangkan jika berada diarea hijau harus melompat. Jika kena gebok atau sentuhan lawan maka dianggap mati dan harus menempati area penjara.
Saat memindahkan kerucut kearea kuning, pemain Tim A boleh langsung pulang kembali kearea ungu, dan juga boleh membebaskan temannya terlebih dahulu. Dan yang perlu diperhatikan ketika pemain Tim A yang membawa kerucut berada diarea hijau, terus terkena sentuhan atau gebokkan maka pemain tersebut harus mengembalikan kerucutnya terlebih dahulu, lalu menuju area penjara. Sedangkan jika sudah menaruh kerucut diarea kuning, lalu kena sentuhan atau gebokkan lawan maka dianggap mati, dan pemain tersebut harus menuju area penjara tanpa harus memindahkan kerucutnya dari area kuning kearea biru.
Sedangkan misi Tim B adalah berusaha mematikan semua pemain Tim A dengan cara melakukan sentuhan dan gebokkan. Dan sentuhan ataupun yang dianggap sah jika menyentuh anggota badan lawan mulai dari pundak kebawah.
Posisi pemain Tim B yang melakukan sentuhan berada diarea ungu sepanjang garis abu-abu 1 pemain, dan 1 pemain lagi berada diarea kuning sepanjang garis abu-abu. Sedangkan diarea hijau dijaga 2 pemain lagi. Sedangkan pemain yang melakukan gebokkan 2 pemain disepanjang garis luar lapangan, dan yang 2 pemain lagi disepanjang garis luar lapangan seberang lapangan.
Yang perlu diingat, pemain yang melakukan sentuhan salah satu kakinya tidak boleh melewati garis batas dan begitu pula pemain penggebok juga tidak boleh melewati garis batas, jika itu dilanggar maka dianggap tidak sah dan pemain lawan terus hidup.
Dan satu lagi jikalau bola pemain penggebok menggelinding ketengah lapangan harus diambil sendiri, serta jikalau bolanya menggelinding keseberang lapangan boleh diambilkan pemain penggebok yang berada disitu dan juga boleh bertukar bola seandainya bola sama-sama menggelinding keseberang lapangan.
Pemenang permainan ini adalah jika salah satu tim mampu memindahkan semua kerucutnya maka diberi skor 1, dan jika salah satu tim mampu memenjarakan semua pemain lawan juga diberi skor, serta tim yang paling banyak mengumpulkan skor diakhir pertandingan.

video permainan kodok dan pemburu





Begitulah cara bermain dari permainan kodok dan pemburu, semoga ada manfaatnya.



Oleh :
Ferri Kurniawan
Guru Olahraga

Sekolah Djuwita Nasional Plus

No comments:

Post a Comment